Translate

Kamis, 16 Februari 2012

Dapatkah Facebook membantu Pendidikan?

 

Situs jejaring sosial seperti Facebook dapat membantu mahasiswa menjadi terintegrasi secara akademis maupun sosial serta meningkatkan hasil belajar, menurut sebuah studi para peneliti di China dan Hong Kong. Studi yang dilaporkan dalam International Journal of Networking and Virtual Organisations bulan Mei 2011 ini menjelaskan kalau penggunaan Facebook di sekitar 90% kampus dan banyak lembaga pendidikan menawarkan orientasi mahasiswa baru pada bagaimana mengkapitalisasi jejaring sosial untuk meningkatkan pengalaman pendidikan mereka dan hasil akhirnya.


Banyak studi sebelumnya pada situs jejaring sosial berfokus pada presentasi identitas, privasi, dan bagaimana jejaring sosial terbentuk. Banyak respon populer pada penemuan perangkat web 2.0 adalah ia dapat berpengaruh buruk pada pelajar tidak lebih dari pengalih perhatian dari studi yang serius. Walau begitu, Stella Wen Tian dari Universitas Sains dan Teknologi China (Kampus Suzhou) bersama Angela Yan Yu, Douglas Vogel dan Ron Chi-Wai Kwok dari Universitas City di Hong Kong, menunjukkan kalau jejaring sosial online mahasiswa secara langsung mempengaruhi belajar sosial dan dapat berpengaruh positif pada belajar akademis.
Tim ini melakukan berbagai diskusi dengan mahasiswa untuk memahami pengalaman mereka di facebook dan sikap mereka pada gagasan penggunaan Facebook untuk pendidikan. Mereka berharap memahami pengaruh jejaring sosial online dan bagaimana lembaga pendidikan dapat meningkatkan orientasi dan praktek pedagogis, khususnya dengan adanya tekanan sejawat (peer pressure) yang telah ditemukan dalam berbagai studi sebagai salah satu faktor yang paling berpengaruh pada kehidupan pelajar.
“Pola jejaring sosial tipikal di facebook sering berada dalam moda periferi-inti: satu individu memiliki hubungan dekat dengan teman-teman inti dan hubungan lemah dengan banyak yang lain,” kata tim ini. “Aplikasi jejaring sosial seperti facebook menawarkan landas efisien untuk sosialisasi mahasiswa dengan memperluas lingkup jaringan mereka dan mempertahankan hubungan dekatnya.”
Ada dua aspek utama yang digunakan pelajar pada facebook: satu sosial dan satunya lagi edukasional. Mahasiswa melaporkan kalau ia dapat memperkuat dan mempertahankan hubungan, membangun jaringan sosial/membentuk hubungan maya, menghapus batasan penciptaan teman, mengikuti trend sejawat, berbagi potret, bersenang-senang dan melepas lelah dan tetap berhubungan dengan keluarga. Dalam hal belajar, mahasiswa melaporkan kalau facebook memungkinkan mereka berhubungan dengan fakultas dan mahasiswa lain lewat hubungan pertemanan/sosial, memberikan komentar pada sejawat/berbagi pengetahuan, berbagi perasaan dengan sejawat, bergabung dengan grup-grup yang dibuat untuk mata kuliah tertentu, bekerjasama: notifikasi, diskusi, jadwal kuliah, kalender manajemen proyek, dan menggunakan aplikasi pendidikan untuk mengorganisir aktivitas belajar.
Tim ini mengatakan kalau, “facebook sangat mempengaruhi kehidupan sosial mahasiswa dan menunjukkan potensi yang bagus dalam berhadapan dengan perubahan yang dihadapi mahasiswa.” Mereka menyimpulkan kalau, “Lembaga pendidikan perlu mengadopsi tindakan aktif (namun terbatas) untuk menggunakan aplikasi jejaring sosial yang ada seperti facebook untuk pendidikan. Aktivitas mengajar perlu dirancang khusus untuk berbagai populasi target. Titik terobosannya dapat dimulai dari belajar sosial mahasiswa.”


NOTE : Boleh copy paste tapi harus pasang LINK yang terhubung ke blog ini, THANK'S ! Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

amazon.com