Translate

Sabtu, 10 Maret 2012

Lebih Mengenal Band QUEEN Dan Sejarah Band



Bagi pencinta musik-musik britis yang ada di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya pasti mengenal band yang bernama 'QUEEN'.
Band yang di gawangi oleh Freddie Mercury (Vokal), Brian May (Gitar), John Deacon (Bass) dan Roger Taylor (Drum) ini termasuk dalam daftar band-band legendaris dunia dengan karya yang luar biasa.
Jelas tidak ada yang meragukan kelegendarisan band yang dibentuk tahun 1970-an ini, Bahkan menurut The Guinnes Book Of Record, album-album Queen bertahan selama 1.332 minggu atau 27 tahun pada tangga lagu di inggris. Bahkan legenda semacam The Beatles dan Elvis Presley pun tak bisa menandinginya. Bahkan pada tahun 2005, dengan nama Queen+Paul Rodgers (personel lama tinggal Brian May dan Roger Taylor), album Queen masih menduduki tangga lagu di inggris pada waktu yang lama. Tapi dengan semua prestasi itu Queen juga merupakan salah satu legenda music yang tak sekalipun mengangkat topi Grammy Awards.

lagu legendaries Queen yang berjudul “Boheyman Rhapsody”. Pecinta rock tahun 1970-1990-an mana yang tak kenal lagu itu? begitu pula hit lainnya macam “I Want To Break Free” “We Will Rock You” atau “We Are The Champion” lagu yang terakhir kerap dinyanyikan para suporter sepakbola yang klubnya menjuarai turnamen atau kompetisi.

vidio lagu QUEEN yang berjudul 'Bohemian Rhapsody'


Sekilas Biography Band QUEEN :

Awal mula Queen muncul di tahun 1968 saat dua orang pelajar London's Imperial College Brian May dan Tim Staffell ingin ngeband. Mereka lantas mengiklankan di papan pengumuman sekolah, bahwa sedang mencari drummer dengan style seperti Ginger Baker. Iklan ini menarik perhatian pemuda bernama Roger Meddows Taylor untuk ikut audisi dan berhasil lolos. Group ini kemudian diberi nama SMILE. Tahun 1970 SMILE ditinggal pergi Tim Staffel dan bergabung dengan group "Humpy Bong". Frederick Bulsara teman kuliah Tim Staffel di Ealing College of Art lantas bergabung, inilah cerita tentang Queen bermula. Frederick Bulsara mengganti namanya menjadi Freddie Mercury, dan nama band dirubah menjadi QUEEN.

Queen adalah kelompok musik rock dari Britania Raya yang berjaya di tahun 70-an sampai 90-an. Bahkan sampai sekarang mereka masih terkenal, terutama karena lagu-lagunya yang sering diputar seperti "We Are the Champions", "Bohemian Rhapsody" dan "We Will Rock You". Mereka sejak awal sampai akhir tidak pernah mengalami pergantian personel, dengan empat anggota John Deacon, Brian May, Freddie Mercury dan Roger Taylor.



Untuk pemain bass Queen menggunakan pemain bass cabutan sampai saat John Deacon pada bulan Pebruary tahun 1971 resmi menjadi anggota ke 4 Queen.Band ini manggung tanpa lelah di pentas kecil untuk teman-teman dekat mereka, sampai mereka dapat kesempatan untuk mencoba studio rekaman baru yang bernama "De Lane Lea". Disini Queen merekam demo tapes dan menandatangani kontrak dengan Trident di tahun 1972, dan dibayar sebesar £60 per minggu. Queen memulai bekerja mempersiapkan album pertama mereka yang direkam dibawah pengawasan Roy Thomas Baker dan John Anthony (staff enginer di Trident Studios)  
Pada bulan Juli 1973 mereka merilis album pertama dalam naungan label EMI dengan titel Queen dengan corak musik yang menggabungkan unsur hard rock dengan harmoni vokal ala opera. Album dengan cover warna suram ini selama 17 minggu bertengger ditangga album mencapai no 24. Peluncuran album ini diiringi tour Inggris, mereka menjadi band pembuka "Mott The Hoople", yang dimulai di Town Halls, kota Leeds pada 12 November 1973.
Banyak orang menilai aksi mereka lebih dari sekedar band pembuka, sehingga menghasilkan para pengikut awal Queen.. Penggarapan album ketiga berlangsung dari bulan Juli 1974 sampai dengan November 1974. Berbeda dengan sebelumnya, dimana dimulai tanpa keterlibatan Brian May, dan sedikitnya bantuan dari Roy Thomas Baker. Setelah Brian May merasakan kondisi yang lebih baik, barulah dia datang ke studio untuk mengisi bagian gitar meskipun sebenarnya masih belum pulih seratus persen. 

Wrist'" dirilis dan menjadi hits dimana selama 11 minggu bertengger di tangga ke 2. Lagu Killer Queen menurut Brian May merupakan suatu lagu yang terbaik yang menjadi titik balik kesuksesan dari Queen. Lagu ini bercerita tentang gadis panggilan kelas atas yang dalam tafsiran Freddie Mercury bahwa orang kalangan kelas ataspun bisa menjadi PSK juga.

Akhirnya album ketiga ini dapat diselesaikan dan dirilis pada tanggal 1 bulan November 1974 di Empire, Liverpool dengan titel SHEER HEART ATTACK yang memuat 13 track. Pada 9 Januari 1975 diluncurkan single yang diambil dari album Sheer Heart Attack, yaitu "Now I'm Here"/"Lily of the Valey" (buat gue lagu Now I'm Here paling berkesan adalah versi yang di dobel album Live Killers).

Tahun 1975 di bulan Pebruari 1975 dengan dukungan penuh dari label Elektra, Queen melakukan invasi ke Amerika sebagai headliner yang dimulai dari Agora, Columbus Ohio pada tanggal 5 Pebruari 1975. Meskipun dihujani kritik yang membandingkan mereka dengan led Zeppelin, namun penjualan tiket mereka sangat mengesankan dan selalu sold out. Sehingga beberapa pertunjukan terpaksa dilakukan 2 kali pada venue yang sama.


Ditengah kesuksesan itu, lagi-lagi masalah medis mendera Queen. Kali ini Freddie Mercury diserang Radang Tenggorokan pada bulan April 1975, dan kondisinya cukup serius sehingga terpaksa membatalkan 7 jadwal dari rangkaian USA tour ini dan Queen memutuskan berlibur selama 10 hari di Hawaii, sebelum mereka meluncur ke Jepang (negeri yang membuat Queen tergila-gila). Tour Jepang diawali pada 19 April di Budokan, Tokyo dan disambung dengan kota-kota Nagoya, Kobe, Fukuoka, Okayama, Shizuoka, Yokohama dan kembali lagi ke Tokyo di Budokan. Ketika mereka pertama kali mendarat di bandara Jepang disambut oleh ribuan pengemar mereka. Pada saat yang sama Sheer Heart Attack memuncaki chart di Jepang.

Queen sempat vakum di awal 1990-an ketika Freddie Mercury meninggal dunia karena AIDS. Meskipun begitu, mereka masih sempat mengeluarkan album baru, yaitu Made In Heaven pada 1995 dengan menggunakan suara Mercury yang direkam sebelumnya. Mereka juga sempat mengeluarkan singel baru, No-One But You (Only The Good Die Young) pada 1998. Di singel ini, gitaris Brian May merangkap sebagai vokalis karena Queen belum mendapatkan vokalis tetap. Sebelumnya, Queen sempat mengadakan proyek Queen + Proyek ini adalah proyek di mana Queen berkolaborasi dengan artis-artis lainnya seperti George Michael, Elton John, Luciano Pavarotti, dan sebagainya. Queen + sudah terlihat sejak diadakannya Freddie Mercury Tribute Concert untuk mengenang Freddie Mercury pada 1992.

Hanya saja, Queen + cuma menyanyikan lagu-lagu lama mereka yang menjadi hits, seperti Somebody to Love, Too Much Love Will Kill You, dan sebagainya. Setelah rilis singel No-One But You (Only The Good Die Young), basis John Deacon memutuskan untuk mengakhiri kebersamaannya dengan Queen. Pada 2004, Queen menemukan vokalis baru, yaitu Paul Rodgers. Mereka sempat mengadakan show di Hyde Park, Sheffield, Inggris. Pada 2008, Queen dan Paul Rodgers berencana untuk mengeluarkan album baru.

Daftar Album Queen

1. QUEEN (1973)
Queen adalah album perdana kelompok Queen, diterbitkan pada 1973 dan direkam di Trident Studios dan De Lane Lea Studios, Inggris dengan produser Roy Thomas Baker, John Anthony, dan Queen.
Penyanyi Freddie Mercury menulis 5 dari 10 lagu, Brian May 4, dan Roger Taylor menulis dan menyanyikan 1 lagu. Lagu terakhir adalah versi instrumental dari "Seven Seas of Rhye", yang versi penuhnya akan muncul di album kedua mereka, Queen II.

Daftar lagu

No Judul Pencipta Panjang
1 "Keep Yourself Alive" May 3:46
2 Doing All Right May and Staffell 4:09
3 Great King Rat Mercury 5:41
4 My Fairy King Mercury 4:08
5 Liar Mercury 6:26
6 The Night Comes Down May 4:23
7 Modern Times Rock 'n' Roll Taylor 1:48
8 Son and Daughter May 3:21
9 Jesus Mercury 3:44
10 Seven Seas of Rhye... Mercury 1:15

2. QUEEN II (1974)

Queen II adalah album kedua dari grup rock asal Britania Raya, Queen. Album ini diterbitkan pada tahun 1974 dan diproduseri oleh Queen, Roy Thomas Baker dan Robin Geoffrey Cable. Album ini direkam mulai Agustus 1973 di Trident Studios.
Tidak seperti album-album Queen lainnya, album ini memiliki label side yang berbeda. Side satu dinamakan "White Side". Side kedua dinamakan "Black Side". Di album ini, terdapat versi penuh dari lagu "Seven Seas Of Rhye" yang terdapat dalam album sebelumnya, Queen dan merupakan satu-satunya single dalam album ini.
Album ini tercatat dalam buku 1001 Albums You Must Hear Before You Die.

Daftar lagu

Meskipun bukan merupakan album konsep secara utuh, semua lagu tampak tersambung, baik secara lirik maupun lagu.


Side 2 (Black)

Semua lagu di side ini diciptakan oleh Freddie Mercury.
  1. Ogre Battle 4:08
  2. The Fairy Feller's Master Stroke 2:41
  3. Nevermore 1:18
  4. The March Of The Black Queen 6:33
  5. Funny How Love Is 2:50
  6. Seven Seas Of Rhye 2:49


3. Sheer Heart Attack (1974)

Sheer Heart Attack
Album studio oleh Queen
Dirilis 8 November 1974
Direkam Rockfield Studio, Air Studio, Wessex Studio, Trident Studios, Juli-September 1974
Genre Rock, Hard Rock, Heavy Metal, Progresif Rock
Durasi 39:09
Label EMI, Elektra
Produser Queen dan Roy Thomas Baker


Sheer Heart Attack adalah album Queen pertama yang memperoleh kesuksesan internasional dengan hits Killer Queen. Album ini dirilis pada tanggal 8 September 1974 di Inggris.
Kebanyakkan lagu di album ini ber-aliran rock yang dipadu dengan perpaduan vokal yang sangat baik. Album ini meraih peringkat ke-2 dalam tangga lagu dan bertahan di sana selama 42 minggu.
Dalam album ini terdapat komposisi pertama John Deacon, Misfire. Dalam album ini juga terdapat komposisi pertama Queen yang diciptakan keempat personilnya, Stone Cold Crazy.

Daftar Lagu

Side A

  1. Brighton Rock 5:08
  2. Killer Queen 2:59
  3. Tenement Funster! 2:47
  4. Flick Of The Wrist 3:19
  5. Lily Of The Valley 1:43
  6. Now I'm Here 4:02

Side B

  1. In The Lap Of The Gods 3:22
  2. Stone Cold Crazy 2:12
  3. Dear Friends 1:08
  4. Misfire 1:47
  5. Bring Back That Leroy Brown 2:13
  6. She Makes Me (Stroomtrooper in the Stilettos) 4:08
  7. In The Lap Of The Gods...Revisited 3:45


4. A Night at the Opera (1975)
A Night at the Opera
Studio album by Queen
Released 21 November 1975
Recorded August – November 1975 at various studios
Genre Rock
Length 43:10
Label EMI, Parlophone (Europe)
Elektra, Hollywood (US)
Producer Roy Thomas Baker, Queen

DAFTAR LAGU

Side A
No. Title Writer(s) Length
1. "Death on Two Legs (Dedicated to...)"   Freddie Mercury 3:43
2. "Lazing on a Sunday Afternoon"   Mercury 1:08
3. "I'm in Love with My Car"   Roger Taylor 3:05
4. "You're My Best Friend"   John Deacon 2:50
5. "'39"   Brian May 3:25
6. "Sweet Lady"   May 4:01
7. "Seaside Rendezvous"   Mercury 2:13
Side 2
No. Title Writer(s) Length
1. "The Prophet's Song"   May 8:17
2. "Love of My Life"   Mercury 3:38
3. "Good Company"   May 3:26
4. "Bohemian Rhapsody"   Mercury 5:55
5. "God Save the Queen" (Instrumental) Traditional, arr. May 1:11











5. A Day at the Races (1976)
A Day at the Races
Studio album by Queen
Released 10 December 1976
Recorded July – November 1976 at The Manor, Sarm East, Wessex
Genre Rock
Length 44:24
Label EMI, Parlophone (Europe)
Elektra, Hollywood (US)
Producer Queen
Queen chronology
A Night at the Opera
(1975)
A Day at the Races
(1976)
News of the World
(1977)

Singles from A Day at the Races
  1. "Somebody to Love"
    Released: 12 November 1976
  2. "Tie Your Mother Down"
    Released: 4 March 1977
  3. "Teo Torriatte (Let Us Cling Together)"
    Released: 25 March 1977 (Japan only)
  4. "Good Old-Fashioned Lover Boy (Queen's First EP)"
    Released: 20 May 1977
  5. "Long Away"
    Released: 7 June 1977 (US, Canada, New Zealand only)
DAFTAR LAGU
Side one
No. Title Writer(s) Length
1. "Tie Your Mother Down"   Brian May 4:48
2. "You Take My Breath Away"   Freddie Mercury 5:09
3. "Long Away"   May 3:34
4. "The Millionaire Waltz"   Mercury 4:54
5. "You and I"   John Deacon 3:25
Side two
No. Title Writer(s) Length
1. "Somebody to Love"   Mercury 4:56
2. "White Man"   May 4:59
3. "Good Old-Fashioned Lover Boy"   Mercury 2:54
4. "Drowse"   Roger Taylor 3:45
5. "Teo Torriatte (Let Us Cling Together)"   May 5:50


6. News of the World (1977)
News of the World
Studio album by Queen
Released 28 October 1977
Recorded July – September 1977, Basing Street and Wessex Studios, London
Genre Rock
Length 39:30
Label EMI, Parlophone (UK), Elektra, Hollywood (USA)
Producer Queen, Mike Stone
Queen chronology
A Day at the Races
(1976)
News of the World
(1977)
Jazz
(1978)

Alternative cover

Korean cover
Singles from News of the World
  1. "We Are The Champions"/"We Will Rock You"
    Released: 7 October 1977
  2. "Spread Your Wings"
    Released: 10 February 1978
  3. "It's Late"
    Released: 1978 (US, Canada, New Zealand, Japan only)
DAFTAR LAGU
Side one
No. Title Writer(s) Length
1. "We Will Rock You"   Brian May 2:01
2. "We Are the Champions"   Freddie Mercury 2:59
3. "Sheer Heart Attack"   Roger Taylor 3:26
4. "All Dead, All Dead"   May 3:10
5. "Spread Your Wings"   John Deacon 4:34
6. "Fight from the Inside"   Taylor 3:03
Side two
No. Title Writer(s) Length
1. "Get Down, Make Love"   Mercury 3:51
2. "Sleeping on the Sidewalk"   May 3:06
3. "Who Needs You"   Deacon 3:05
4. "It's Late"   May 6:26
5. "My Melancholy Blues"   Mercury 3:29


7. JAZZ (1978)
Jazz
Studio album by Queen
Released 10 November 1978
Recorded July – October 1978, Mountain Studios, Montreux and Super Bear Studios, Berre-les-Alpes, France
Genre Rock
Length 44:44
Label EMI, Parlophone (Europe)
Elektra, Hollywood (USA)
Producer Queen, Roy Thomas Baker
Queen chronology
News of the World
(1977)
Jazz
(1978)
The Game
(1980)

Singles from Jazz
  1. "Bicycle Race"/"Fat Bottomed Girls"
    Released: 13 October 1978
  2. "Don't Stop Me Now"
    Released: 26 January 1979
  3. "Mustapha"
    Released: 1979 (Bolivia, Germany, Spain, Yugoslavia only)
  4. "Jealousy"
    Released: 1979 (US, Canada, Brazil, New Zealand, USSR only)

Track listing

Side one
No. Title Writer(s) Length
1. "Mustapha"   Freddie Mercury 3:01
2. "Fat Bottomed Girls"   Brian May 4:16
3. "Jealousy"   Mercury 3:14
4. "Bicycle Race"   Mercury 3:01
5. "If You Can't Beat Them"   John Deacon 4:15
6. "Let Me Entertain You"   Mercury 3:01
Side two
No. Title Writer(s) Length
1. "Dead on Time"   May 3:23
2. "In Only Seven Days"   Deacon 2:30
3. "Dreamer's Ball"   May 3:30
4. "Fun It"   Roger Taylor 3:29
5. "Leaving Home Ain't Easy"   May 3:15
6. "Don't Stop Me Now"   Mercury 3:29
7. "More of That Jazz"   Taylor 4:16


Dan masih banyak lagi daftar album dan lagu lagu pada album tersebut, anda bisa langsung lihat dengan cara klik saja judul albumnya

Sumber : WIKIPEDIA, GOOGLE




NOTE : Boleh copy paste tapi harus pasang LINK yang terhubung ke blog ini, THANK'S ! Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

amazon.com